Hewan Laut Prasejarah Paling Menakutkan


1. Mosasurus - 66 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Mosasaurus

Kalian yang sudah pernah menonton Jurassis World pasti masih ingat dengan hewan laut prasejarah bernama Mosasurus. Mosasaurus ternyata benar-benar ada dan pernah hidup di bumi di jaman Cretaceous. Fosil yang ditemukan oleh para peneliti mengungkapkan bahwa hewan laut ini mampu mencapai panjang sampai 15m.

Sebagai pemuncak rantai makanan di lautan, Mosasaurus memiliki bentuk kepala yang menyerupai kepala buaya. Sebagai predator tentunya Mosasaurus juga dilengkapi dengan sederet gigi panjang dan setajam pisau. Gigi tersebut sangat efektif untuk membunuh hewan yang memiliki kulit tebal.

2. Tylosaurus - 145 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Tylosaurus

Hewan laut prasejarah yang memiliki ukuran tubuh sangat besar ini ternyata masih merupakan keluarga dari Mosasaurus. Makhluk laut ini mampu berkembang sampai panjang 15m. Sebagai predator laut, Mereka diperkirakan hidup di akhir jaman Cretaceous di bagian perairan Amerika Utara.

Tylosaurus tidak memiliki menu khusus dalam makanannya, apapun yang bisa ia temukan pasti akan ia makan dalam sekejap. Di dalam perutnya menunjukkan beberapa bagian dari makanan yang pernah ia makan seperti ikan, hiu, Mosasurus, Plesiosarus, dan beberapa burung. Statusnya sebagai predator laut bertahan sampai dengan beberapa tahun.

3. Nothosaurus - 240 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Nothosaurus

Nothosaurus merupakan hewna laut prasejarah yang berbeda dengan predator lainnya di lautan. Tubuhnya tidak memiliki tubuh yang panjang, hanya sekitar 4m, namun hewan ini merupakan predator yang sangat agresif. Nothosarus dipercaya memiliki hubungan dengan Pliosaurus, fosil tubuhnya yang ditemukan diprediksi bahwa hewan laut ini hidup sekitar 200 juta tahun yang lalu di jaman Triassic.

Sebagai predator, Nothosaurus memiliki metode berburu yang unik yakni dengan teknik menyergap mangsanya. Dirinya akan menyerang mangsanya dengan tiba-tiba tanpa disadari. Tentunya berstatus sebagai predator, Nothosaurus dilengkapi dengan gigi panjang dan juga tajam. Mangsa utama Nothosaurus biasanya adalah cumi-cumi dan ikan.

4. Liopleurodon - 150 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Liopleurodon

Dengan panjang tubuh melebihi 6m menjadikan Liopleurodon sebagai predator laut menakutkan yang pernah ada. Liopleurodon diperkirakan hidup di laut pada jaman Jurassic. Selama jaman Jurassic tersebut, dirinya diberi predikat sebagai salah satu dari top predator di lautan. Hewan yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dipastikan tidak akan bisa menghindar darinya.

Bagaimana tidak menakutkan, mulut dari hewan ini saja mampu mencapai panjang lebih dari 4m, itu sebanding dengan jarak lantai dengan langit-langit gedung. Giginya yang besar juga membuatnya semakin diyakini sebagai pemuncak rantai makanan di lautan.

5. Tanystropheus - 200 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Tanystropheus

Tanystropheus sebenarnya tidak sepenuhnya hewan laut, tetapi karena makanan utama dari hewan laut prasejarah ini adalah ikan maka para ilmuwan berasumsi bahwa hewan ini menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam laut. Hewan laut ini memiliki tubuh yang besar dimana dirinya mampu tumbuh sampai panjang 6m. Dimana panjang tubuh tersebut diakibatkan karena lehernya yang sangat panjang.

Hewan prasejarah yang termasuk dalam golongan reptil ini diperkirakan hidup di jaman Triassic sekitar 215 juta tahun yang lalu.

6. Thalattoarchon Saurophagis - 237 Juta Tahun Yang Lalu


Hasil gambar untuk foto Thalattoarchon Saurophagis

Masih merupakan variasi dari Ichthysaurus hanya saja hewan prasejarah ini diperkirakan lebih dulu ada di jaman Triassic sekitar 244 juta tahun yang lalu. Hewan yang belum lama ditemukan oleh para peneliti ini diperkirakan memiliki ukuran yang setara dengan ukuran bus sekolah dengan pangjang tubuh mencapai 9m.

Dikarenakan mereka masih bertahan hidup setelah kepunahan Permian dimana diperkirakan sebanyak 95% kehidupan di laut punah, membuat para peneliti diberikan pengetahuan baru akan betapa cepatnya ekosistem laut kembali pulih seperti semula. KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA


Komentar