Hewan Dengan Kemampuan Berubah Bentuk Untuk Mengelabui Predator





1. Mutable Rainfrog


Hasil gambar untuk foto Mutable Rainfrog

Adalah hal yang wajar bila hewan invertebrata memiliki kemampuan untuk berubah bentuk, tapi menjadi hal yang sangat tidak wajar apabila hewan vertebrata bisa melakukannya juga. Salah satu hewan vertebrata yang diketahui mampu berubah bentuk adalah Mutable rainfrog, ditemukan di Ekuador pada tahun 2006.

Ketika sedang dalam keadaan biasa, Mutable Rainfrog tampak seperti katak pada umumnya, bertubuh licin dan basah. Ketika mereka sedang terancam, barulah mereka berubah dengan menunjukkan duri-duri pada tubuhnya. Perubahan kulit dari yang semula mulus menjadi berduri ini membuat para peneliti penasaran dan melakukan investigasi lebih dalam.

2. Mimic Octopus


Hasil gambar untuk foto Mimic Octopus

Mimic octopus bukanlah gurita yang langka, ada banyak gurita jenis ini yang bisa ditemukan di dasar laut. Pertama kali Mimic octopus ditemukan pada tahun 1998. Mimic octopus memiliki kemampuan yang sangat banyak seperti kemampuan berubah warna, bentuk, dan kebiasaan. Mimic octopus akan berubah tergantung seberapa berbahaya situasi yang dihadapi.

Karena Mimic octopus sangat rawan untuk diserang, ia akan mengubah bentuk dirinya menyerupai hewan lain yang tidak mungkin diserang. Contohnya saja, Mimic octopus akan menyamar sebagai Ikan Flounder yang beracun. Mimic octopus juga bisa mengubah bentuknya menyeripai Lionfish atan ular laut yang beracun.

3. Northern White-Faced Owl


Hasil gambar untuk foto Northern White-Faced Owl

Tidak semua burung hantu seunik Northern White-Faced. Burung hantu ini memiliki satu strategi untuk membuat takut lawannya. Northern White-Faced bisa mengubah bentuk dirinya menjadi lebih besar atau menjadi lebih, tergantung dari ukuran musuh yang dihadapinya. Burung hantu ini banyak ditemukan di daerah Afrika.

Ketika Northern White-Faced menghadapi musuh yang setara dirinya, dirinya akan melebarkan melebarkan sayap dan bulunya agar terlibat lebih besar. Ketika bertemu dengan musuh yang bertubuh lebih kecil, Northern White-Faced akan memasukkan sayapnya ke dalam tubuhnya, membuat dirinya menjadi lebih kecil. Hal ini dilakukan agar dirinya bisa tersamar seperti ranting pohon.

4. Cuttlefish


Hasil gambar untuk foto Cuttlefish

Jangan salah melihat bentuk hewan satu ini. Banyak yang mengira ini adalah anak cumi-cumi atau gurita, padahal bukan. Cuttlefish, nama dari makhluk unyu satu ini. Memang hewan ini memiliki kerabat dengan cumi-cumi dan gurita, tapi ia adalah hewan yang berbeda. Cuttlefish memiliki kemampuan komunikasi yang unik menggunakan warna dan pola dari kulit.

Satu hal lagi yang unik dari Cuttlefish yakni, hewan ini memiliki kemampuang shapeshifting atau berubah bentuk. Cuttlefish, mampu mengubah bentuk tubuh dan warnanya menyerupai alga, koral, rumput laut, dan makhluk laut lainnya. Tentu saja ini dilakukan agar dirinya tidak mudah dimangsa oleh predator.

5. Pufferfish


Hasil gambar untuk foto Pufferfish

Pufferfish memiliki nama lain ikan buntal. ikan satu ini terkenal akan racunnya yang sangat mematikan. Tapi, di Jepang, Pufferfish atau buntal atau fugu ini menjadi salah satu kuliner favorit dan dijual dengan harga yang sangat mahal. Pufferfish dikenal sebagai makhluk laut yang unik karena kemampuan berubah bentuknya.

Bila tidak dalam keadaan terancam, Pufferfish terlihat sangat lucu, sekali mereka merasa terancam, mereka akan berubah bentuk. Tubuh mereka akan mengembang dan mengeluarkan duri-duri yang tajam. Kulitnya yang fleksibel dan tebal membuat predator sulit memangsa mereka. Pufferfish membuat tubuhnya lebih besar dengan cara menelan air dalam jumlah yang banyak. KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Untuk Cepat Dapat Untung Poker Online Terkini

RUMUSAN PERMAINAN POKER ONLINE TERPERCAYA

Atlet Binaragawan Terbaik di Dunia