Senjata Tradisional Indonesia

SITUS AGEN JUDI DENGAN KEMENANGAN 90%

FAIR PLAY 100% TANPA ROBOT 

MEMBER VS MEMBER

AYO BURUAN DAFTAR BOSKU SEMUANYA !!!

BONUS REFERENSI 20% !!!


1. Golok, Betawi



Sosok Si Pitung merupakan pendekar asal Betawi yang juga berperang melawan ketidakadilan yang dilakukan pada masa penjajahan Belanda. Cerita Pitung terus menerus diceritakan secara turun menurun hingga masih terkenal sampai sekarang. Kenapa kita membahas Pitung dan Betawi, itu karena Pitung menggunakan sebuah senjata tradisional dari Betawi yang dinamakan golok.

Golok, fungsi senjata tradisional Betawi ini tidak berubah dari masa ke masa. Hingga sekarang, golok digunakan sehari-hari sebagai alat membela diri. Orang asli Betawi, dipastikan memiliki golok di dalam rumahnya. Kemanapun mereka pergi, golok selau dibawa dan diselipkan di pinggang. Golok juga digunakan sebagai senjata di pencak silat.

2. Keris, Jawa



Bagi penduduk yang di tinggal di Pulau Jawa, pasti sudah familiar dengan senjata yang berliku-liku ini. Keris, begitulah senjata ini dinamakan. Keris merupakan senjata tradisional khas Pulau Jawa, terutama di kota Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dimana 2 lokasi itu, keris tidak hanya dijadikan senjata, melainkan barang yang disucikan.

Di budaya orang Jawa, keberadaan keris dianggap sebagai benda sakti atau benda suci. Tidak jarang orang-orang menyimpan keris selain untuk koleksi, senjata, dan juga jimat. Panjang suatu keris berbeda-beda, namun umumnya sama seperti pisau. Hanya saja keris dibuat berliku. Di Jawa Tengah, keris digunakan sebagai tanda penghormatan, terutama bagi suatu kerajaan.

3. Badik, Sulawesi



Bila ada yang mengira ini adalah senjata tradisional rencong dari Aceh, kalian salah. Bentuknya memang mirip dengan rencong, tapi ini merupakan senjata yang dinamakan badik. Badik memiliki bentuk yang mirip dengan pisau atau rencong dari Aceh, dan, senjata ini merupakan senjata tradisional orang Bugis-Makassar.

Setiap senjata pasti memiliki sejarahnya masing-masing, begitu pula dengan badik ini. Oleh orang Sulawesi, terutama ketika jaman kerajaan, badik digunakan sebagai alat pertahan diri. Oleh orang-orang jaman dulu, mereka selalu menyelipkan badik di belakang atau samping pinggang. Tidak hanya orang-orang tua yang membawa badik, bahkan yang muda pun selalu terlihat membawa badik di sampingnya.

4. Kujang, Sunda



Orang-orang jaman sekarang mungkin lebih mengenal senjata ini dengan sebutan bedok. Di jaman dulu, senjata ini lebih dikenal dengan sebutan kujang. Inilah senjata yang bisa dibilang goloknya orang Sunda. Sementara golok sendiri merupakan senjata khas orang Betawi yang akan kita bahas di poin berikutnya.

Kujang atau bedok ini memiliki bentuk yang unik. Paling banyak ditemukan dan digunakan oleh orang-orang Jawa Barat. Oleh masyarakat Jawa Barat, bedok atau kujang lebih sering digunakan oleh mereka yang berprofesi sebagai petani. Bedok lebih sering dibawa karena lebih praktis, sedangkan kujang sendiri lebih sering disimpan sebagai koleksi.

5. Sabit/Clurit, Madura



Senjata di atas seharusnya sudah tidak asing lagi bagi kita, orang Indonesia. Di beberapa berita, senjata ini sering muncul karena sering digunakan sebagai alat kekerasan seperti begal, rampok, dan tawuran. Bentuknya yang mirip dengan bulan sabit, membuat senjata ini diberi nama sabit atau clurit. Berasal dari Madura.

Pada dasarnya, clurit merupakan alat yang digunakan untuk memotong rumput untuk diberikan pada sapi. Sekarang, clurit lebih sering digunakan sebagai alat kriminal. Meski asli senjata tradisional Madura, penyebaran clurit ini sudah sangat luas. Bahkan sampai ke Pulau Jawa. Di Jawa, senjata ini dikenal dengan sebutan sabit. KLIK DISINI UNTUK SELANJUTNYA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Untuk Cepat Dapat Untung Poker Online Terkini

Atlet Binaragawan Terbaik di Dunia

Cara Paling Ekstrim Untuk Menurunkan Berat Badan